Ini Pengaruh Kadar pH Air Minum Sehat Terhadap Tubuh

Bagi Anda yang belum akrab dengan istilah kadar pH pada air minum, maka ini yang mesti Anda ketahui. pH sendiri merupakan ukuran konsentrasi ion hidrogen yang larut dengan rentang dimulai dari 0-14 dan 7 sebagai titik netral.

 Air yang asam memiliki pH di bawah 7 serta air alkali di atas 7. Agen Perlindungan Lingkungan Amerika menetapkan pH yang aman untuk diminum adalah di antara 6,5-8,5. Angka terseut masuk akal karena menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pH dengan angka ekstrim atau di atas 11 dapat menyebabkan iritasi mata serta kulit, dan sebaliknya pH di bawah 4 dapat menyebabkan iritasi karena efek korosif.

Selain berasa tidak enak, air asam denga pH yang sangat rendah karena mengalir melalui pipa besi yang beracun dapat memicu sejumlah masalah otak dan syaraf, serta masalah reproduksi seperti kejang-kejang, menurunnya kemampuan pendengaran serta keguguran. Paparan berlebihan dari zinc dan tembaga dari pipa yang karatan dapat memicu muntah atau diare. Gejala-gejala tersebut tidak hanya diakibatkan dari air yang terpapar besi, tapi juga dari tingkat pH yang tinggi.

Tidak hanya manusia, namun satwa yang hidup di air dapat terdampak oleh perubahan pH yang ekstrim. Contohnya ikan yang mati akibat pH yang menurun hingga angka 4,5 atau di atas 10. Menurut laporan dari Northeastern Regional Aquaculture Center dari university of Maryland, banyak faktor eksternal yang dapat membuat pH berubah-ubah secara ekstrim seperti degradasi batuan dasar, hujan asam, karbon dioksida, dan pembuangan air limbah.

Dampak yang dirasakan oleh permukaan air sangat signifikan karena 60 persen dari air yang dikonsumsi publik datang dari sumber permukaan air. Hal ini berdampak negatif karena mudah terpapar yang membuat kandungan pH dalam air berubah-ubah.

[Pic: http://www.healthyfoodbenefit.com]

 0 Comments

LIQUO TVC

KONTAK KAMI

  Jl. Ciputat Raya No.89B,
Pondok Pinang, Jakarta Selatan 12310
Indonesia

 +62 221 7591 8861

 info@liquo.com